DPR RI berupaya mendongkrak kapasitas wirausaha baru (WUB) di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, lewat pelatihan perbengkelan dengan menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) guna memaksimalkan potensi perbengkelan di wilayah itu.

Anggota Komisi VII DPR RI Rico Sia di Sorong, Rabu, menjelaskan potensi untuk membuka dan mengembangkan perbengkelan di Kabupaten Sorong sangat besar, namun tidak didukung dengan kapasitas sumber daya manusia yang memadai sehingga sektor perbengkelan sangat kurang.

“Kita sudah survei ternyata bengkel di Kabupaten Sorong sangat kurang, sementara kendaraan bertambah banyak,” kata┬áRico Sia.

Menjawab kondisi itu, anggota Komisi VII itu terus berupaya membangun kemitraan dengan Kemenperin sehingga menghadirkan sebuah pelatihan perbengkelan bagi 320 orang.

“Jadi kita memberikan pelatihan ini lebih mengutamakan masyarakat yang serius untuk membangun usaha di bidang perbengkelan,” kata Rico Sia.

Selain memberikan pelatihan di bidang perbengkelan, Rico Sia juga menyalurkan bantuan sebagai modal dasar bagi setiap wirausaha baru.

“Memang nilainya tidak terlalu besar, tetapi upaya untuk mendongkrak semangat masyarakat itulah yang penting, supaya berjiwa usaha tinggi untuk menjawab kebutuhan pasar dan sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi,” ucapnya.

Berkaitan dengan itu, Rico SIa pun berharap kepada pemerintah setempat untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas masyarakat guna membuka usaha di bidang perbengkelan.

“Kendatipun kami berikan modal sedikit, tetapi setidaknya menggugah pemerintah daerah (pemda) untuk ikut memberikan perhatian terhadap sektor perbengkelan,” ujar Rico Sia.

 

Sumber: AntaraNews
Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Risbiani Fardaniah